Info

Komunitas & Para Pelaku Industri Kreatif Malang Raya Bergabung Bentuk Gerakan “Kolaborasi Hajar Corona”

Malang, 21 April 2020. Wabah COVID-19 telah memberikan dampak bagi semua lapisan masyarakat, salah satunya adalah pelaku ekonomi kreatif yang ada di daerah Malang Raya. Banyak pekerja seni yang mengalami kerugian hingga kehilangan pekerjaan mereka.

Melihat fenomena tersebut, membuat beberapa komunitas dan pelaku industri kreatif bergabung untuk membuat sebuah gerakan bernama “Kolaborasi Hajar Corona” #kolaborasihajarcorona. Adapun industri atau komunitas yang ikut tergabung dalam gerakan ini antara lain adalah Polamata, Osi AE ker, Pelanusa, Profil Image Studio, Stasion, Malang Creative Fusion (MCF), Cleansonme, Kotakan Indonesia, Jagoan Hosting, dan Kontenporer.

Salah satu bentuk kegiatan sosial yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (21/04) siang adalah #BerbagiKotakan. Sesuai dengan nama gerakanya, #BerbagiKotakan fokus untuk menggalang donasi berupa nasi kotak dan sembako yang akan diberikan oleh pelaku industri kreatif di Malang Raya dan Masyarakat kurang mampu lainya.

Donasi yang dibuka selama 6 hari ini berhasil mengumpulkan uang tunai sebesar 3,1 juta rupiah, 3 paket sembako, 2 paket karung beras 25kg, 1 paket sembako isi gula 3 kg dan beras 5 kg, 80 pax nasi kotak dan 2400 pcs susu kotak.

Hasil donasi tersebut didapatkan dari PT. Greenfields Indonesia, Polamata, Komunitas Preman Super (Perempuan Mandiri Sumber Perubahan) Malang, Pelanusa, Kotakan Indonesia, DILo Malang dan masyarakat umum.

Gerakan ini juga mendapatkan dukungan dari komunitas yang bergerak dibidang digital seperti IxDA Malang, Ngalam Backend Community, Komunitas Linux Malang, Kelas Mobile Malang, dan Malang Hacker Link.

Hasil donasi telah disalurkan kepada pelaku ekonomi kreatif dan seniman yang ada di Padepokan Janti Malang. Selain itu, donasi juga disalurkan kepada ojek online, supir angkot, tukang becak, tukang parkir dan masyarakat kurang mampu lainya di sekitar Stasiun Kota Malang dan Jalan Ijen.

“Harapanya kolaborasi kemanusiaan ini bisa terus berjalan hingga pandemik ini selesai. Semoga bisa meringankan sedikit beban bagi rekan-rekan yang terkena dampak COVID 19. InsyaAllah, kedpanya akan ada beberapa gerakan lagi untuk membantu rekan-rekan pelaku industri ekonomi kreatif melalui “Kolaborasi Hajar Corona #kolaborasihajarcorona” dan #BerbagiKotakan.” Fikar, Founder Kotakan Indonesia sekaligus salah satu inisiator gerakan #kolaborasihajarcorona

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Related Posts

Tinggalkan Balasan